Stimulus (rangsangan) adalah pengaruh yang mendorong konsumen
Stimulus yang tergolong kekuatan dan kejadian penting dalam lingkungan konsumen yaitu:
1. Ekonomi
2. Politik
3. Tekhnologi
4. Budaya
Kamis, 03 Desember 2015
Stimulus
Pengertian perilaku konsumen
Perilaku konsumen adalah studi tentang proses pengambilan keputisan oleh konsumen dalam memilih, membeli, memakai, serta memanfaat kan produk, gagasan atau pengalaman dalam rangka memuaskan kebutuhan nya.
Motif pembelian
Motif pembelian adalah seauatu yang menggerakkan konsumen untuk melakukan pembelian.
1. Motif pembelian primer (tidak dipengaruhi merk/kualitas)
Motif pembelian primer adalah motif yang menimbulkan perilaku pembelian terhadap kategori umum pada suatu produk. Motif pembelian primer tidak mementingkan produk, merk, harga yang penting kebutuhan nya terpenuhi
2. Motif pembelian selektif
Motif pembelian selektif adalah motif pembelian yang mempengaruhi model dan merk dari kelas produk, penjual dan perusahaan nya yang mempengaruhi adalah ekonomi
3. Motif pembelian rasional (masuk akal)
Motif pembelian rasional adalah motif yang didasarkan pada kenyataan yang di tunjukkan oleh suatu produk pada konsumen tidak dipengaruhi oleh harga.
4. Motif pembelian emosional
Motif pembelian emosional adalah motif pembelian yang terkesan terburu - buru atau tidak sabaran membeli produk
Tugas pengelolaan pemasaran
Tugas pengelolaan pemasaran
1. Jelaskan pengertian pemasaran langsung menurut bahasa anda sendiri?
Pemasaran langsung adalah kegiatan komunikasi dengan pelanggan secara langsung bertujuan untuk memperoleh tanggapan konsumen maupun membina hubungan baik dengan pelanggan.
2. Uraikan bentuk - bentuk pemasaran langsung yang anda ketahui?
Bentuk - bentuk pemasaran langsung:
1. Pemasaran tatap muka
2. Pemasaran jarak jauh
3. Pemasaran melalui surat langsung
4. Pemasaran melalui katalog
5. Pemasaran melalui televisi yang menghasilkan tanggapan langsung.
3. Terangkan saluran - saluran yang termasuk kedalam pemasaran langsung?
Saluran - saluran pemasaran langsung:
1. Surat langsung adalah pengiriman tawaran, pemberitahuan, pengingat dengan menggunakan daftar yang selektif
2. Pemasaran katalog adalah perusahaan mungkin akan mengirimkan katalog dengan lini lengkap. Katalog konsumen untuk barang khusus, dan katalog bisnis biasanya dalam bentuk cetakan, CD, video, atau secara online
3. Telemarketing adalah menjual kepada pelanggan yang sudah ada, dan menyediakan layanan dengan menerima pesanan dan menjawab pertanyaan melalui telepon (call center)
4. New wafe marketing adalah dekonstruksi terhadap pendekatan pemasaran tradisional yang bersifat vertikal (pendekatan pemasaran yang menggunakan media massa)
5. Mass marketing adalah strategi cakupan pasar, dimana perusahaan memutuskan untuk mengabaikan perbedaan segmen pasar dan pergi setelah seluruh pasar dengan satu tawaran
6. Database marketing adalah proses membangun, memelihara, dan menggunakan basis data pelanggan dan basis data produk dan pemasok dengan tujuan melakukan kontak dan transaksi dengan pelanggan
7. Bussines to consumer marketing (B2C) adalah salah satu bentuk kampanye pemasaran yang dilakukan perusahaan digunakan untuk publikasi barang dan jasa
8. Community marketing adalah strategi untuk melibatkan penonton dalam prospek aktif non-intrusif, dan percakapan pelanggan. Komunitas pemasaran berfokus pada kebutuhan pelanggan yang ada
4. Apakah yang dimaksud dengan pemasaran online?
Pemasaran online adalah melakukan kegiatan pemasaran jual beli barang dan jasa melalui media elektronik atau menggunakan internet
5. Apakah manfaat yang diperoleh dengan adanya pemasaran langsung?
Manfaat pemasaran langsung bagi pembeli:
1. Rasa senang, nyaman, bebas dari pertengkaran
2. Menghemat waktu
3. Pemilihan barang dagangan lebih banyak
4. Dapat memesan barang dengan mudah
5. Interaktif dan segera
Manfaat pemasaran langsung bagi penjual:
1. Menekan biaya
2. Meningkatkan kecepatan
3. Lebih efisien
4. Dapat ditentukan waktunya agar menjangkau calon pelanggan pada saat yang tepat
5. Fleksibel
6. Dapat membina hubungan yang berkesinambungan dengan pelanggan
7. Dapat menggunakan sejumlah saluran untuk menjangkau calon pelanggan .