Jumat, 18 Desember 2015

Proses pemasaran

Proses pemasaran

     Proses pemasaran adalah suatu rangkaian kegiatan pemasaran jual beli barang dan jasa untuk mendapatkan keuntungan.
Adapun proses pemasaran itu sendiri ada 5 bagian adalah sebagai berikut:

1. Paham kebutuhan pelanggan.
Misalnya: kebutuhan pokok, sembako, beras dll.
2. Merancang cara menjaga dan menumbuhkan para pelanggan jangan sampai pelanggan kapok membeli di toko kita dan beralih membeli ke toko lain.
3. Membangun program pemasaran yang lebih unggul.
Seperti promosi dan diskon atau buy one get one.
4. Membangun hubungan baik dan menciptakan kepuasan pelanggan kita harus melayani pembeli itu seperti raja agar pembeli merasa puas belanja di toko kita.
5. Menangkap nilai pelanggan, menerima komplenan atau kritikan dari pelanggan.

3. Memahami pasar dan pelanggan

1. Perusahaan pemasaran terkemuka berusaha lebih jauh mempelajari kebutuhan, keinginan dan permintaan pelanggan.
2. Pemahaman ini membantu mereka merancang penawaran pasar yang memuaskan keinginan dan membangun beban nilai hubungan pelanggan yang dapat dipakai untuk menangkap nilai seumur hidup pelanggan dan pangsa pelanggan yang lebih besar.
3. Hasil nya adalah peningkatan ekuitas jangka panjang pelanggan bagi perusahaan.

4. Konsep inti pasar

       Konsep inti pasar mencakup:
1. Kebutuhan

       Kebutuhan adalah keadaan yang muncul dari perasaan kekurangan.

2. Keinginan

       Keinginan adalah bentuk kebutuhan manusia yang terbentuk oleh budaya dan kepribadian seseorang. Jika di dukung dengan daya beli keinginan menjadi permintaan.

3. Permintaan

       Permintaan adalah kombinasi antara produk, jasa, informasi atau pengalaman yang ditawarkan kepasar

Kegiatan strategi pemasaran

Kegiatan strategi pemasaran

       Kegiatan strategi pemasaran dibagi menjadi 2 bagian strategi pemasaran adalah sebagai berikut:

1. Menciptakan

        Menciptakan adalah memproduksi barang dan jasa oleh suatu perusahaan untuk memperoleh keuntungan atau laba. Menciptakan atau memproduksi barang adalah:
a. Jumlah pemakai barang dan jasa perusahaan yang bersangkutan.
b. Kemampuan konsumen di dalam membeli barang dari perusahaan yang bersangkutan.
c. Kesediaan konsumen untuk membeli barang dari perusahaan yang bersangkutan.
d. Kepuasan konsumen terhadap prestasi barang dan jasa yang dibeli nya.
e. Evektifitas periklanan

2. Melaksanakan

      Melaksanakan adalah melaksanakan rencana yang telah di buat oleh perusahaan agar tujuan perusahaan tercapai

a. Perencanaan strategis.
b. Bauran pemasaran (marketing mix)
c. Tes pengujian produk
d. Tes laboratorium
e. Tes kesukaan konsumen

Tujuan strategi pemasaran

Tujuan strategi pemasaran

       Tujuan strategi pemasaran ada 6 macam adalah sebagai berikut:

1. Meningkatkan keuntungan (laba).
2. Meningkatkan kepuasan konsumen.
3. Mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan nya.
4. Meningkatkan omzet penjualan barang dan jasa.
5. Meningkatkan kondisi pemasaran yang jauh lebih baik.
6. Melaksanakan dan meningkatkan marketing mix dan segmentasi pasar