Minggu, 17 April 2016

Pengertian kualitas jasa menurut para ahli

                 KUALITAS JASA

1. Menurut  Kotler  ( 2000:440 )  ada  5  faktor  kwalitas  jasa  yang dapat  disingkat  dengan  TERRA  adalah :
a.  Tangible (  berwujud)   Penampilan  fasilitas  fisik,  peralatan  dan  berbagai materi  komunikasi  yang  baik  ,  menarik  dan  terawat
b.  Empathy   Kesediaan  karyawan  dan  pengusaha  untuk  lebih peduli  memberikan  perhatian  secara  pribadi kepada  langganan,  Misalnya  karyawan  harus mencoba  menempatkan  diri  sebagai  pelanggan, Misalnya  karyawan  harus  mencoba  menempatkan diri  sebagai  pelanggan.  Jika  pelanggan  mengeluh maka  harus  segera  dicarikan  solusinya  agar hubungan  antara  pengusaha  dan  pelanggan  selalu terjalin dengan baik.
c.  Responsiveness  (  Cepat  Tanggap)   Kemauan  dari  karyawan  dan  pengusaha  untuk membantu  pelanggan  dan  memberikan  jasa dengan  cepat  serta  mendengar  dan  mengatasi keluhan/  complain dari konsumen
d.  Reability  (  Keandalan ) Kemampuan  untuk  memberikan  jasa  sesuai dengan  yang  dijanjikan,  terpercaya,  akurat  dan konsisten
e.  Assurance (  Kepastian )   Kemampuan  karyawan  untuk  menimbulkan keyakinan  dan  kepercayaan  terhadap  janji  yang telah dikatakan kepada pelanggan

2. Menurut  Paul  D  Concers  et  al  jasa  dapat dikelompokkkan menjadi  :
a. Jasa perseorangan Jasa  yang  sangat  mengutamakan pelayanan orang dan perlengkapannya,  misal  :  salon,  dokter, guru,  dan  lainnya.
b. Jasa  Tempat  HIburan,  misal  :fitness centre, bioskop,  gedung  pertunjukan dan  lainnya
c. Jasa  Keuangan  misalnya  :  bank, asuransi,  bursa efek,  dan  lainnya Jasa  Transportasi  misalnya  pesawat  , kapal  laut,  kereta api, bis  dan  lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar