Sabtu, 21 November 2015

Pemasaran langsung

1. Pemasaran langsung
A. Pengertian pemasaran langsung
     Pemasaran langsung merupakan komunikasi langsung dengan pelanggan baik untuk memperoleh tanggapan segera maupun membina hubungan pelanggan yang berlangsung lama.
Di dalam pemasaran langsung menggunakan saluran saluran langsung ke konsumen (consumer direct) untuk menjangkau dan menyerahkan barang dan jasa kepada konsumen tanpa menggunakan perantara pemasaran.
B. Bentuk bentuk pemasaran langsung
    Di dalam pemasaran langsung dapat dilakukan dengan berbagai cara yaitu:
1. Pemasaran tatap muka
2. Pemasaran jarak jauh
3. Pemasaran melalui surat langsung (faks, e-mail, dan voice mail)
4. Pemasaran melalui katalog (melalui katalog cetak, video, elektronik yang di kirim kepada konsumen secara online)
5. Pemasaran melalui televisi yang menghasilkan tanggapan langsung
C. Saluran saluran dalam pemasaran langsung
    Di dalam pemasaran langsung terdapat saluran saluran yang di gunakan untuk menjangkau dan menyerahkan barang dan jasa yang di jual oleh pemasar kepada pelanggan tanpa menggunakan perantara pemasaran.
Saluran saluran ini mencakup:
1. Surat langsung
2. Pemasaran katalog
3. Telemarketing
4. New wafe marketing
5. Mass marketing
6. Pemasaran berdasarkan basis data (database marketing)
7. Bussines to consumer marketing (B2C)
8. Community marketing
D. Manfaat pemasaran langsung
   Manfaat pemasaran langsung bagi pelanggan yaitu:
1. Rasa senang, nyaman, dan bebas dari pertengkaran
2. Menghemat waktu
3. Pemilihan barang dagangan yang lebih banyak
4. Dapat memesan barang dagangan dengan mudah
5. Dapat melakukan perbandingan dengan melihat layanan belanja online
6. Interaktif dan segera
Manfaat pemasaran langsung bagi penjual yaitu:
1. Menekan biaya dan meningkatkan kecepatan dan efisiensi
2. Dapat ditentukan waktu nya agar menjangkau pelanggan pada saat yang paling tepat
3. Fleksibel
4. Dapat membina hubungan yang berkesinambungan dengan pelanggan
5. Dapat menggunakan sejumlah saluran untuk menjangkau calon pelanggan
E. Masalah umum dan masalah etika dalam pemasaran langsung
1. Gangguan
     Banyak orang tidak senang dengan peningkatan jumlah permintaan pemasaran langsung yang agresif. Aspek yang paling mengganggu adalah ada telepon pada waktu yang tidak tepat.
2. Ketidakadilan
     Beberapa pemasaran langsung memanfaatkan pembeli yang ceroboh atau kurang canggih. Acara acara belanja di tv mungkin merupakan biang keladi yang paling jahat dengan pembawa acara yang lancar berbicara dan klaim potongan harga yang drastis.
3. Penipuan dan kecurangan
      Beberapa pemasar langsung merancang surat dan menulis naskah yang dimaksudkan untuk menyesatkan pembeli. Mereka mungkin melebih lebihkan ukuran produk, pengakuan kinerja, atau harga eceran nya.
4. Pelanggaran kerahasiaan pribadi
       Setiap kali konsumen memesan produk melalui surat atau telepon, mengikuti undian, melakukan permohonan kartu kredit, mungkin nama alamat dan perilaku pembelian mereka di masukkan kedalam basis data perusahaan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar