Segmentasi Pasar
1. Pengertian segmentasi pasar
A. Sehmentasi pasar menurut para ahli
a. Menurut morisson
Segmentasi pasar adalah pembagian dari keseluruhan pasar untuk suatu pelayanan dalam kelompok dalam karakteristik umum.
B. Pengertian segmentasi pasar secara umum
Segmentasi secara umum adalah pengelompokkan pasar yang heterogen menjadi kelompok - kelompok konsumen yang homogen, dimana tiap kelompok satu bagian dapat dipilih sebagai pasar yang dituju dan ditargetkan untuk pemasaran suatu produk.
2. Syarat - Syarat Segmentasi Pasar bisa Efektif
1. Measurability (Harus dapat diukur)
Measurability adalah ciri - ciri atau sifat - sifat tertentu pembeli harus dapat diukur atau dapat didekati.
2. Accesbility (Harus dapat dicapai)
Accesbility adalah suatu keadaan dimana perusahaan dapat secara efektif memusatkan atau mengarahkan usaha pemasarannya pada segmen yang telah dipilih.
3. Subtantiability (Harus cukup luas)
Subtantiability adalah segmen pasar harus cukup besar atau cukup menguntungkan dapat dipertimbangkan program - program pemasaran nya.
4. Actionability (Harus dapat dilaksanakan)
Actionability adalah segmentasi pasar harus dapat dilaksanakan sehingga semua program pemasaran yang sudah disusun dapat menarik dan dapat melayani segmen pasar secara efektif.
3. Tujuan segmentasi pasar
A. Tujuan Utama Segmentasi pasar
Tujuan utama segmentasi pasar adalah untuk merangsang semua pelanggan potensial.
B. Tujuan Segmentasi Pasar secara umum
1. Untuk mencapai posisi yang kuat dalam penjualan barang atau jasa.
2. Untuk meningkatkan laba atau keuntungan yang diharapkan.
3. Untuk memudahkan pelaksanaan analisis pasar.
4. Agar perusahaan bisa membedakan sasaran nya.
5. Agar perusahaan dapat memberikan pelayanan yang memuaskan para konsumen atau para pembeli.
6. Agar tujuan pemasaran produk yang dibuat perusahaan jauh lebih baik efektif dan efisien.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar