Rabu, 06 Januari 2016

Segmentasi Pasar

                   Segmentasi Pasar
1. Pengertian segmentasi pasar

A. Sehmentasi pasar menurut para ahli

     a. Menurut morisson

             Segmentasi pasar adalah    pembagian dari keseluruhan pasar untuk     suatu pelayanan dalam kelompok dalam         karakteristik umum.

B. Pengertian segmentasi pasar secara umum

         Segmentasi secara umum adalah pengelompokkan pasar yang heterogen menjadi kelompok - kelompok konsumen yang homogen, dimana tiap kelompok satu bagian dapat dipilih sebagai pasar yang dituju dan ditargetkan untuk pemasaran suatu produk.

2. Syarat - Syarat  Segmentasi Pasar bisa Efektif

1. Measurability (Harus dapat diukur)

           Measurability adalah ciri - ciri atau sifat - sifat tertentu pembeli harus dapat diukur atau dapat didekati.

2. Accesbility (Harus dapat dicapai)

            Accesbility adalah suatu keadaan dimana perusahaan dapat secara efektif memusatkan atau mengarahkan usaha pemasarannya pada segmen yang telah dipilih.

3. Subtantiability (Harus cukup luas)

            Subtantiability adalah segmen pasar harus cukup besar atau cukup menguntungkan dapat dipertimbangkan program - program pemasaran nya.

4. Actionability (Harus dapat dilaksanakan)

            Actionability adalah segmentasi pasar harus dapat dilaksanakan sehingga semua program pemasaran yang sudah disusun dapat menarik dan dapat melayani segmen pasar secara efektif.

3. Tujuan segmentasi pasar

A. Tujuan Utama Segmentasi pasar

       Tujuan utama segmentasi pasar adalah untuk merangsang semua pelanggan potensial.

B. Tujuan Segmentasi Pasar secara umum

  1. Untuk mencapai posisi yang kuat dalam penjualan barang atau jasa.
  2. Untuk meningkatkan laba atau keuntungan yang diharapkan.
  3. Untuk memudahkan pelaksanaan analisis pasar.
  4. Agar perusahaan bisa membedakan sasaran nya.
  5. Agar perusahaan dapat memberikan pelayanan yang memuaskan para konsumen atau para pembeli.
  6. Agar tujuan pemasaran produk yang dibuat perusahaan jauh lebih baik efektif dan efisien.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar